Sejarah Singkat Lagu Bali

Lagu Bali sebenarnya sudah ada sejak manusia Bali ada. Demikian pendapat yang dapat kami tangkap dari penelusuran kami kepada beberapa sesepuh seniman Bali yang banyak mengikuti perkembangan lagu Bali. Pendapat ini sangat mendekati kebenaran mengingat music adalah sebuah bahasa yang sangat universal yang tentunya telah terlahir dari naluri manusia sejak terlahir ke alam mercapada ini.

Hal ini bisa dibuktikan walaupun hanya dengan kajian logika yang sangat sederhana. Seorang bapak yang sangat tidak mengerti tentang lagu ataupun musik biasanya akan memiliki naluri spontan untuk mengeluarkan tembang sederhana kala menidurkan bayinya atau seorang ibu akan bersenandung apa ada-nya untuk sekedar menghibur anaknya agar segera tenang menuju alam tidurnya.

Berangkat dari hal diatas dan karena minimnya dokumentasi para pendahulu kita dulu untuk membuat sebuah dokumentasi tentang lagu Bali yang dulu dihiasi dengan tembang-tembang yang mendekati kidung dan sarat dengan makna hingga berkembang dengan mengikuti tren pasar seperti sekarang dan mungkin nantinya akan berkembang lagi dimasa yang akan datang, akhirnya berkembanglah beberapa lagu "no-name" alias tidak ada penciptanya seperti Juru Pencar, Semut-Semut Api dan banyak lagi lagu lainnya yang sampai saat ini sangat susah untuk mengetahui siapa sebenarnya yang menciptakan lagu tersebut dan berawal dari daerah mana di Bali.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Like Button